Senin, 30 September 2013

Tugas TI (Sistem Komputer)

Di sini kita akan membahas tentang sistem komputer. Sistem sendiri memiliki arti yaitu kumpulan elemen yang saling berhubungan dan membentuk satu kesatuan dengan tujuan tertentu pada pokok sistemnya. dan sedangkan arti dari Sistem Komputer itu sendiri adalah kumpulan dari elemen-elemen computer (hardware, software, brainware) yang saling berhubungan (terintegrasi) dan saling berinteraksi untuk melakukan pengolahan data dengan tujuan menghasilkan informasi sesuai dengan yang diharapkan. Elemen Sistem Komputer terdiri dari hardware, software dan brainware. Tujuan pokoknya adalah untuk mengolah data, lalu di proses setelah di proses hasil data yang telah di olah akan menghasilkan informasi yang akan di tunjukan kepada orang lain.



Jika ada salah satu elemen tidak saling berkaitan maka suatu sistem komputer tersebut tidak dapat berfungsi atau dapat di jalankan dengan baik atau benar, maka semua elemen yang ada dalam sistem komputer itu harus bersatu untuk menjalankan suatu tujuan yang sama.



Hardware adalah perangkat keras pada komputer, merupakan suatu komponen dari sebuah komputer yang berbentuk nyata, bisa dilihat, diraba oleh manusia. Fungsi dari Hardware yaitu untuk mendukung komputerisasi. Semua bagian fisik pada komputer disebut hardware seperti Monitor, CPU, RAM, ROM, Processor dan lain-lain. Hardware terdiri dari:
  • Input Device
  • Output Device
  • Processing Divice
  • Storage (internal dan Eksternal)
  • Peripheral
Software atau perangkat lunak, adalah program komputer yang berfungsi sebagai sarana interaksi (penghubung) antara pengguna (user) dan perangkat keras (hardware). Software bisa juga dikatakan sebagai "penerjemah" perintah-perintah yang dijalankan pengguna komputer untuk diteruskan atau diproses oleh perangkat keras (Hardware)Software adalah program komputer yang isi intruksinya dapat diubah dengan mudah. Software pada umumnya digunakan untuk mengontrol perangkat keras (yang sering disebut device driver), melakukan proses perhitungan, berinteraksi dengan Softwareyang lain dan lebih mendasar (seperti sistem operasi, danbahasa pemrograman), dan lain-lain.
Software di bedakan menjadi beberapa macam, yaitu:
1. Sistem Operasi (Operating System)
contohnya: windows linux dll 
2. Program Aplikasi (Aplication Program)
contohnya: microsoft excel, microsoft word, mozila dll
3. Programing 
contohnya: java, cobol, fortan, algol dll

Brainware adalah manusia yang terlibat dalam mengoperasikan serta mengatur sistem di dalam komputer. Diartikan juga sebagai perangkat intelektual yang mengoperasikan dan mengeksplorasi kemampuan dari Hardware maupun Software.Brainware termasuk bagian penting dari sebuah sistem komputer. Syarat-syarat menjadi brainware:
  • Sehat akal
  • Tidak terganggu jiwanya
  • Dalam keadaan sadar
  • Mampu mengoprasikan elemen-elemen yang lainnya
Penggolongan komputer di golongkan berdasarkan sudut pandang, yaitu terdiri dari:

  • berdasarkan data yang di olah, terdiri dari:
  1. Analog Computer: bersifat kontinyu, prosesnya lebih cepat
  2. Digital Computer: data berupa angka, dan lebih akurat
  3. Hybird Computer: merupakan gabungan dari analog computer dan digital computer
  • berdasarkan penggunaanya
  1. Special Purpose Computer (khusus): misalnya berupa GPS
  2. General Purpose Computer (campuran ) 
  • berdasarkan ukurannya
  1. micro computer
  2. mini computer
  3. small computer
  4. medium computer
  5. large computer
  6. super computer




Sumber:
http://id.shvoong.com/internet-and-technologies/computers/2061892-pengertian-sistem-komputer/#ixzz2gNSX1WDV
http://temukanpengertian.blogspot.com/2013/01/pengertian-hardware.html
http://gandulghazali.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar